HOME > PRODUK UNGGULAN > RAGI TAPE JERAMI
 
 
 

RAGI TAPE JERAMI

 

 

FUNGSI RAGI TAPE JERAMI :

1. UNTUK PENGGEMUKAN

Ragi Tape Jerami berfungsi sebagai formula penggemukkan ternak dengan memberikannya langsung kepada ternak dengan dosis 1 sendok makan dicampurkan kedalam 200 liter air minum dan diberikan setiap hari, insyaalah bobot ternak ( sapi, kambing, domba, kerbau dll ) akan naik dengan cepat.

2. Sebagai mediator Fermentasi Pakan

Fermentasi dengan  Ragi Tape Jerami akan meningkatkan  nilai gizi  

Protein akan terpecah menjadi bentuk yang siap serap tanpa banyak yang terbuang. Nafsu makan bebek menjadi berlipat-lipat. Sistem imunitas bebek akan terbangun lebih baik
Ini semua bisa terjadi karena Ragi Tape Jerami mengandung:
1. Bakteri Acetobacter yang mampu menghasilkan senyawa selulosa dengan derajat kemurnian yang tinggi.
2. Jamur Rhizopus yang memproduksi enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi, dan kalsium. Proses fermentasi juga mengurangi oligosakarida yang membuat pakan susah dicerna.
Tekstur yang dimiliki pakan lebih lunak  karena enzim yang dihasilkan jamur rhizopus selama proses fermentasi meninbulkan perubahan pada protein, lemak, dan karbohidrat. Enzim yang dihasilkan jamur ini antara lain lipase,protease dan amilase yang dalam organ pencernaan unggas berfungsi mencernakan lemak, protein dan pati.
Jamur Rhizopus memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan.
3. Aspergillus niger yang sejenis jamur yang bersifat fakultatif, dapat berkembang dalam kondisi aerob maupun anaerob. Oleh karena itu, penggunaan mikroba ini untuk fermentasi akan lebih praktis, karena proses fermentasi tidak mesti tertutup rapat. Jamur ini menghasilkan asam sitrat. Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang merupakan senyawa untuk bahan pengawet yang baik dan alami.
Teknik fermentasi ini mendapat dukungan dari hasil penelitian yang dilakukan Litbang Deptan Jawa Barat.

  • Cara Membuat Pakan Ternak:
    1. Cari tempat yang  teduh (tidak terkena panas dan hujan). Tumpuk Jerami padi setebal 20 cm,
    2. Campur Ragi Tape Jerami dengan air secukupnya, siramkan ke seluruh permukaan jerami agar merata (jika jerami sudah basah, airnya jangan terlalu banyak). Tumpuk lagi dengan jerami setinggi 20 cm, padatkan.
    3. Ulangi langkah tersebut diatas sehingga jerami habis.
    4.Tutup dengan plastik dan diberi ventilasi, agar oxigen dapat masuk   kemudian biarkan selama 5 -7 hari.
    5. Pada hari ke-5 - 7 periksa aroma (bau) yang timbul pada tumpukan jerami. Jika aroma Jerami sudah berubah beraroma harum (karamel atau tape) dan serat-serat jerami sudah lunak (periksa dengan cara dipegang atau diremas-remas), serta tumpukan dalam jerami sudah mengeluarkan jamur berwarna putih dan kuning, maka proses pembuatan Tape jerami sudah selesai. Jika belum, proses dapat dilanjutkan ampai maksimum 10 hari.
    500 gram ( botol Ragi Tape Jerami) Airnya sekitar 300 - 400 liter
     
    Anjuran:
    1. Cara memberi makan. Ambil Tape Jerami secukupnya (1 ekor sapi cukup 10kg/hari), angin-anginkan dahulu sekitar 5 menit, baru berikan kepada sapi. Sebaiknya pemberian dibagi dua atau tiga kali dalam sehari, yakni; pagi, setelah diberi konsentrat, siang hari dan malam hari.

    2. Setiap sapi pasti mau makan Tape Jerami. Jika sapi tidak mau, maka harus dilaatih dulu. Caranya; puasakan sapi sepanjang pagi-siang (hanya diberi minum dan konsentrat secukupnya saja) Berikan Tape Jerami pada malam harinya, Insya Allah sapi segera mau makan Tape Jerami.

    3. Tape Jerami dapat disimpan sampai satu tahun. Caranya; setelah jadi, bongkar dan anginkan sampai kering, lalu diikat kembali atau bila perlu dipres agar lebih padat dan mudah diatur.

    4. Untuk kebutuhan hijauan pada sapi potong (pengemukan), pemberian Tape Jerami sudah cukup! tanpa perlu ditambah rumput atau hijauan lain. Untuk 12 ekor sapi maka harus disediakan 120 kg. Tape Jerami/hari atau 3.600 kg (2 truk) per bulan. Cukup untuk membuat sebulan sekali saja. Dengan demikian tidak perlu mencari rumput setiap hari dan waktu luang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih produktif (berbisnis, berdagang dlsb).

    5. Ternak sapi tetap memerlukan pakan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sesuai dengan tujuan pemeliharaan. Sediakan konsentrat*) minimum 2,5% dari bobot badan.

    * Konsentrat dapat berupa konsentrat jadi atau meramu sendiri seperti ampas tahu, bekatul, bungkil kedelai, dll. jangan lupa agar sapi lebih lahap makannya, pencernaannya semakin optimum, daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit dan cuaca extrim, serta berpenampilan lebih baik (kulit berminyak, bulu lembut, mata cerah bercahaya) Tambahkan nutrizim Ternak ruminansia. Jangan lupa juga sediakan air minum sebanyak 40-60 liter perhari agar metabolisme ternak makin lancar.

     
    Kandungan Ragi Tape Jerami:Nutrient activator, growth promotor, protein, calori, vitamin dan Mineral, serta probotik microbes: Acetobacter, Aspergilus niger, rhizopus sp, proteolitik, amilolitik, selulolitik, lipolitik, dalam kondisi dorman.
     
    Ragi tape jerami, meningkatkan kualitas pakan, menambah nilai gizi, mudah dicerna. Pakan ternak yang praktis, mudah dibuat dan harganya murah.

    Volume tutup botol 10 ml / 10 cc

       Dosis: 2 gr/kg bahan pakan

        500 gram RTJ airnya sebanyak  300 - 400 liter

 Pemesanan
Dutamedina

Jl. Teuku Umar, Tegal Besar Permai Ez-4

Jember – Jawa Timur
 

 

 

 

 

   

Jaharuddin
PIN BB D112CAD0
HP. 085 746 672 903 ( IM3)

WA. 081 237 457 190 
PEMBAYARAN :
2000 333 428 BCA 
143 000 998 557 1 Mandiri

 
 
 
 

 

 

Update Terakhir (Selasa, 05 Pebruari 2013 21:44)




Komentar  

 
-1#1 dion 2010-10-31 21:15
bagus-bagus....tapi ini hasil uji lab terbaru atau dari sitasi??
Kutipan
 
 
 
+2#2 Yoga s 2010-12-05 16:57
Assalaamu'alaikum wr wb, pak kalau memakai bahan bengok yg masih hijau atau yg dah kering, barangkali untuk menggantikan kulit kacang kedelainya.
Kutipan
 
 
 
 
Dutamedina
Pilihan Bahasa